Di Meulaboh, pertanian adalah sumber pendapatan penduduk yang utama, khususnya bagi yang berada di daerah pedesaan. Namun para petani ini tidak memiliki teknik dan metode yang baik dalam mengelola pertanian mereka. Khususnya di beberapa daerah dukungan GNI, para petani memiliki tanah yang subur tapi tidak memiliki teknik yang benar dalam mengusahakan lahan, sehingga tidak dapat meningkatkan produksi pertanian mereka.

Menjawab keadaan ini, GNI mencoba mendukung masyarakat di satu daerah pedesaan yang bernama Mon Passong, melalui program pertanian. Dalam program ini kami memberikan pelajaran tentang teknik bertani yang baik, yang difasilitasi oleh staff ahli dari Balai Penyuluhan Pertanian Meulaboh, sekaligus menyediakan pelatihan langsung. Untuk saat ini, kami membagi kelompok petani menjadi dua bagian, yaitu: kelompok petani padi dan kelompok petani kacang.

Tujuan dari program ini adalah agar para petani tersebut dapat menggunakan teknik dan metode yang benar dalam bertani sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga untuk mencapai kehidupan yang sejahtera.