Bahasa Inggris untuk Anak

“Hello, my name is ___________”

Hampir di seluruh kota besar di Indonesia, anak-anak sudah mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris semenjak berada di bangku sekolah dasar. Namun tidak demikian dengan beberapa Sekolah di Meulaboh, Aceh Barat. Belum semua sekolah dasar memiliki guru Bahasa Inggris walaupun sekolah sudah memasukkan kurikulum tersebut semenjak kelas 1. Di sisi lain, murid-murid sangat mengharapkan diterapkannya mata pelajaran ini dalam keseharian kegiatan belajar mereka. Informasi ini didapat dari guru-guru sekolah ketika mengadakan pertemuan dengan anak-anak yang didukung oleh GNI.

Oleh karenanya, GNI bekerjasama dengan beberapa pihak sekolah di Meulaboh mengadakan pelajaran Bahasa Inggris, dengan memasukkannya di jadwal belajar sekolah. Dalam pelajaran bahasa Inggris yang diusung, kami memasukkan unsur belajar dan bermain. Anak-anak mempelajari Bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan, melalui bernyanyi, menari, menyusun kata, dan masih banyak lagi.

Kelas Bahasa Inggris untuk Anak ini juga diadakan di Medan CDP. 228 anak yang mengikuti program ini dibagi ke dalam 6 kelas (kelas A-F), yang mana satu kelas terdiri dari 30-50 anak. Mereka dibedakan menurut kelas dan kemampuan bahasa Inggris, untuk memudahkan guru dalam memberikan pelajaran. Di akhir periode belajar, mereka akan diberikan sertifikat kelulusan jika mereka lulus. Program ini mulai berjalan di awal tahun 2010 dan mendapatkan sambutan yang sangat positif dari Kelurahan setempat serta dari para orang tua murid.

Harapan kami adalah agar semua anak-anak dukungan Gugah Nurani Indonesia tidak memiliki halangan dlam mendapatkan pendidikan (primer maupun tambahan), sehingga hak mereka untuk berkembang dapat terpenuhi.

Bahasa Inggris untuk Guru

Gugah Nurani Indonesia di Meulaboh juga menyelenggarakan pendidikan bahasa Inggris untuk guru-guru di beberapa sekolah dasar dengan harapan untuk membekali guru-guru dengan pengetahuan bahasa Inggris sehingga dapat diteruskan kepada anak-anak didik mereka.

Salah satu permasalahan kurang diterapkannya pendidikan bahasa Inggris di sekolah adalah kurangnya sumber daya manusia yang tersedia. Untuk kasus Meulaboh, guru wali kelas harus mampu mengajarkan semua mata pelajaran, termasuk Bahasa Inggris, kepada anak didiknya. Itu sebabnya kami menyediakan kelas Bahasa Inggris untuk guru, sehingga sekalipun tidak tersedia guru khusus untuk mengajarkan Bahasa Inggris, namun sekolah masih mampu untuk mengadakan kelas Bahasa Inggris untuk murid karena guru-guru memiliki kemampuan untuk itu.

Kelas Komputer untuk Remaja

Saat ini, kemampuan mengoperasikan program komputer merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dilepaskan dari dunia kerja. Oleh karenanya, hampir semua perusahaan menuntut pegawainya untuk memiliki kemampuan di bidang komputer, sekalipun itu hanyalah kemampuan dasar.

Melihat kodisi yang sifatnya mendasar bagi setiap pelamar kerja ini, maka GNI-Rawa Badak CDP mencoba merespon dengan memberikan pelatihan komputer bagi 40 pemuda di kawasan RW 02, Rawa Badak Selatan dengan format pelatihan kemampuan dasar komputer. Program yang dimulai pada Mei 2010 lalu ini, dilaksanakan setiap 2 kali dalam seminggu dengan jumlah pertemuan total 16 kali pertemuan untuk setiap periode. Program pelatihan komputer ini diberikan kepada pemuda/i tamatan SMA dan SMP yang memiliki antusiasme dan semangat yang tinggi untuk maju. 

Bahasa Inggris untuk Guru

Gugah Nurani Indonesia di Meulaboh juga menyelenggarakan pendidikan bahasa Inggris untuk guru-guru di beberapa sekolah dasar dengan harapan untuk membekali guru-guru dengan pengetahuan bahasa Inggris sehingga dapat diteruskan kepada anak-anak didik mereka.Salah satu permasalahan kurang diterapkannya pendidikan bahasa Inggris di sekolah adalah kurangnya sumber daya manusia yang tersedia. Untuk kasus Meulaboh, guru wali kelas harus mampu mengajarkan semua mata pelajaran, termasuk Bahasa Inggris, kepada anak didiknya. Itu sebabnya kami menyediakan kelas Bahasa Inggris untuk guru, sehingga sekalipun tidak tersedia guru khusus untuk mengajarkan Bahasa Inggris, namun sekolah masih mampu untuk mengadakan kelas Bahasa Inggris untuk murid karena guru-guru memiliki kemampuan untuk itu.

Kelas Komputer untuk Remaja

Saat ini, kemampuan mengoperasikan program komputer merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dilepaskan dari dunia kerja. Oleh karenanya, hampir semua perusahaan menuntut pegawainya untuk memiliki kemampuan di bidang komputer, sekalipun itu hanyalah kemampuan dasar.Melihat kodisi yang sifatnya mendasar bagi setiap pelamar kerja ini, maka GNI-Rawa Badak CDP mencoba merespon dengan memberikan pelatihan komputer bagi 40 pemuda di kawasan RW 02, Rawa Badak Selatan dengan format pelatihan kemampuan dasar komputer. Program yang dimulai pada Mei 2010 lalu ini, dilaksanakan setiap 2 kali dalam seminggu dengan jumlah pertemuan total 16 kali pertemuan untuk setiap periode. Program pelatihan komputer ini diberikan kepada pemuda/i tamatan SMA dan SMP yang memiliki antusiasme dan semangat yang tinggi untuk maju.