Pendidikan Kewarganegaraan Global
Sangat penting bagi anak-anak untuk belajar tentang isu-isu global di sekolah dan bahwa anak-anak perlu memahami permasalahan global untuk membuat pilihan tentang bagaimana mereka menentukan tujuan hidup mereka. Mereka juga perlu mengembangkan kompetensi spesifik yang memungkinkan mereka untuk hidup dalam budaya yang berbeda.
Tujuan utama dari pendidikan Kewarganegaraan Global adalah untuk mendidik murid-murid sebagai warga negara dunia yang menghadapi tantangan dunia dengan cara yang koheren dan kooperatif. Pendidikan  ini juga membantu mengembangkan informasi dan pandangan yang seimbang tentang isu-isu tersebut dan memungkinkan me reka untuk menanggapinya dengan cara-cara aktif dan bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi di Indonesia dan dunia yang lebih luas. Pendidikan kewarganegaraan global lebih dari sekadar belajar tentang negara-negara lain, tapi juga tentang ‘isu-isu global’ yang kompleks dan hampir sama, seperti pembangunan berkelanjutan, konflik, dan perdagangan internasional – merupakan isu penting. Pendidikan ini juga berbicara tentang dimensi global pada isu-isu lokal, yang hadir dalam setiap aspek kehidupan, daerah, dan masyarakat kita.

Sangat penting bagi anak-anak untuk belajar tentang isu-isu global di sekolah dan bahwa anak-anak perlu memahami permasalahan global untuk membuat pilihan tentang bagaimana mereka menentukan tujuan hidup mereka. Mereka juga perlu mengembangkan kompetensi spesifik yang memungkinkan mereka untuk hidup dalam budaya yang berbeda. Tujuan utama dari Pendidikan Kewarganegaraan Global adalah untuk mendidik murid-murid sebagai warga negara dunia yang menghadapi tantangan dunia dengan cara yang koheren dan kooperatif.

Pendidikan ini juga membantu mengembangkan informasi dan pandangan yang seimbang tentang isu-isu tersebut dan memungkinkan mereka untuk menanggapinya dengan cara-cara aktif dan bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi di Indonesia dan dunia yang lebih luas.

Pendidikan Kewarganegaraan Global lebih dari sekadar belajar tentang negara-negara lain, tapi juga tentang isu-isu global yang kompleks dan hampir sama, seperti pembangunan berkelanjutan, konflik, dan perdagangan internasional – merupakan isu penting. Pendidikan ini juga berbicara tentang dimensi global pada isu-isu lokal, yang hadir dalam setiap aspek kehidupan, daerah, dan masyarakat kita.

image pendidikan warga negara global

MDGs/ Sasaran Pembangunan Millenium

Apa itu Millenium Development Goals/ Sasaran Pembangunan Millenium?

Millenium Development Goals (MDGs) adalah delapan tujuan yang harus dicapai pada tahun 2015 yang menanggapi tantangan akan  pembangunan utama dunia. MDGs diambil dari tindakan dan target yang terkandung dalam Deklarasi Milenium yang diadopsi oleh 189 negara-dan ditandatangani oleh 147 kepala negara dan pemerintah selama KTT Milenium PBB pada bulan September 2000.

Tujuan 1: Memberantas kemiskinan dan kelaparan

Tujuan 2: Mencapai pendidikan dasar universal

Tujuan 3: Meningkatkan kesetaraan jender dan memberdayakan perempuan

Tujuan 4: Menurunkan angka kematian anak

Tujuan 5: Meningkatkan kesehatan ibu

Tujuan 6: Memerangi HIV / AIDS, malaria dan penyakit lainnya

Tujuan 7: Menjamin kelestarian lingkungan

Tujuan 8: Mengembangkan Kemitraan Global untuk Pembangunan