“Mencari jati diri”, kerap sekali terjadi pada masa remaja. Sekarang ini banyak remaja terlalu sibuk dengan dunia mereka sendiri diluar pengawasan orang tua. Sehingga tidak heran jika kita sering menjumpai remaja yang selfish, bossy, unruly dan individualistic. Remaja cenderung labil dan tidak stabil. Hal ini dapat menyebabkan masalah dalam proses mereka tumbuh dewasa. Seperti yang kita ketahui dari televisi, majalah, koran, radio, kenakalan remaja sangat marak diperbincangkan. Perilaku labil mereka cenderung melanggar norma sosial. Mereka rentan terlibat kenakalan remaja.Salah satu penyebabnya adalah karena mereka belum memiliki mimpi atau belum memikirkan masa depan mereka.

Remaja sebagai generasi penerus bangsa harus menyadari pentingnya memiliki rasa kepedulian sosial dan kepemimpinan. Sehingga sejak dini pengetahuan-pengetahuan sosial seperti kesehatan remaja, sifat kepemimpinan dasar, pengembangan diri, pentingnya mimpi sudah seharusnya diinformasikan kepada remaja lebih intensive. Pendidikan kesehatan remaja mengajarkan mereka untuk menjaga diri supaya tidak terlibat dalam pergaulan seks bebas. Sifat kepipimpinan dasar mengajarkan mereka untuk hidup disiplin dan bertanggung jawab. Pengembangan diri mengajarkan mereka untuk berani berkreasi. Pentingnya mimpi mengajarkan mereka tentang kerja keras.

Penduduk Bulu Cina Deli Serdang sebagian besar adalah remaja. Mereka juga dihadapkan dengan persoalan yang sama seperti remaja pada umumnya dan sifat mereka juga sama. Gugah Nurani Indonesia (GNI) Deli Serdang sebagai organisasi yang memiliki prinsip “kepedulian bagi masa depan anak” ikut ambil andil dalam persoalan masalah anak tersebut. GNI Deli serdang harus terlibat dan mampu menghadirkan program yang dapat mencegah kenakalan remaja di Bulu Cina.Dengan demikian GNI Deli Serdang mengadakan kegiatan “Champion Camp”. Kegiatan ini adalah sebuah program yang “sustainable”,sehingga akhirnya terbentuk sebuah organisasi remaja dibawah pendampingan GNI (CDC Anak GNI Deli Serdang).

Program ini spesial untuk remaja yang disponsori oleh GNI Deli Serdang yang sedang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama. Dalam kegiatan ini akan ada diskusi dan presentasi tentang kesehatan, kepemimpinan, pengembangan diri dan pentingnya mimpi. Materi materi yang disampaikan sangat berhubungan satu dengan yang lain. Melalui materi champion camp ini anak sponsor dapat mengembangkan rasa sosialisme mereka melalui kemampuan mereka memimpin, mengembangan diri yang berguna bagi masa depan mereka. Sehingga akhirnya kegiatan ini dapat menstimulasi mereka memiliki mimpi yang besar dan belajar keras untuk mencapai impian tersebut. Karena pada dasarnya tujuan dari program ini adalah menciptakan anak anak sehat yang mampu memimpin untuk mencapai impian mereka. (Happy R.P)