Memulai Kepedulian Melalui Hal-Hal yang Sederhana


Perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat ini begitu pesat. Yayasan Apkomindo menanggapi peluang ini,  bekerjasama dengan Dyandra Promosindo Professional Exhibition Organizer menyelenggarakan Indocomtech 2013 pada 30 Oktober – 3 Nopember. Acara ini digelar di Balai Sidang Jakarta (Jakarta Convention Center) Senayan. Antusias yang begitu tinggi tampak dari jumlah peserta maupun pengunjung pameran ini. Antrian yang begitu panjang untuk membeli tiket masuk terjadi hampir setiap hari selama pameran, bahkan satu jam sebelum pameran dibuka pada 3 Nopember 2013 yang merupakan hari terakhir Indocomtech 2013.

Antusiasme yang tinggi dari peserta maupun pengunjung Indocomtech 2013 menunjukkan begitu besarnya pasar dari produk teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia dan di Jakarta pada khususnya. Dampak positif dari tingginya pasar produk ini adalah pertumbuhan industri teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Jumlah pekerja, pelaku usaha serta penanam modal di bidang ini juga akan meningkat. Muara dari perkembangan bidang teknologi informasi dan komunikasi adalah meningkatnya perekonomian Indonesia.

Yayasan Gugah Nurani Indonesia melalui Fundraising Department diberikan kesempatan oleh Dyandra Promosindo untuk membuka stan dan melakukan kampanye sosialisasi program-program yang dilaksanakan oleh 14 Community Development Project Yayasan Gugah Nurani Indonesia. FD Team bersama volunteer dari Rawa Badak Selatan dan Cakung CDP juga melakukan kampanye “Fill The Heart with Coin”. Kampanye ini bertujuan mengumpulkan dukungan program berupa uang koin dari para pengunjung Indocomptech 2013 yang ditempelkan pada backdrop bergambar hati. Kampanye ini juga bertujuan mendapatkan sponsor baru untuk anak dan komunitas binaan Yayasan Gugah Nurani Indonesia. Pengunjung Indocomtech 2013 juga diajak menyumbang buku dan mainan yang sudah tidak terpakai melalui program “Berbagi 1000 Buku dan Mainan untuk Anak Indonesia”.

Beberapa jenis kampanye ini dipilih sebagai upaya penyadaran pada masyarakat, terutama penyedia maupun pengguna teknologi informasi dan komunikasi bahwa untuk berkontribusi pada bidang sosial dapat dilakukan melalui hal yang sederhana sekalipun saat ini kemajuan dalam bidang teknologi dan informasi sudah sangat pesat. Di era kartu kredit ataupun ATM, kita masih bisa menyisihkan koin untuk donasi sosial. Buku dan mainan yang saat ini juga sudah mulai ditinggalkan karena sudah menjelma menjadi e-book dan game online bisa juga menjadi sumbangan untuk perpustakan bagi anak-anak terutama di daerah yang relatif sulit akses informasi dan perekonomiannya.

Semoga kita bisa memulai kepedulian kita melalui hal-hal yang sederhana. (Henricus M.W.P)